Pendidikan

Mengembangkan kurikulum berbasis bahasa ibu sebagai jembatan menuju pembelajaran dalam bahasa Indonesia. Untuk mencapai dapat dilakukan kegiatan sebagai berikut :

  • PAUD Berbasis Bahasa Ibu
  • SD Kelas Awal Berbasis Bahasa Ibu
  • Muatan Lokal Bahasa ibu
  • Cerita dan Lagu dalam Bahasa Ibu

Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa cara belajar yang paling efektif adalah apabila pelajaran diterima dalam bahasa yang paling dimengerti oleh siswa. Pendidikan multi bahasa yang dimulai dengan bahasa ibu, para siswa menggunakan bahasa sehari-hari mereka di tingkat awal, dimana mereka juga mereka mendapatkan mata pelajaran bahasa resmi. Setelah siswa dapat mengerti, fasih berbicara dan lancar membaca serta menulis dalam bahasa resmi pendidikan, para guru akan mulai mengajar dalam bahasa tersebut. Jembatan pengajaran antara bahasa komunitas dan bahasa yang lebih luas digunakan dapat membuat siswa, baik anak-anak maupun dewasa mencapai tujuan multi bahasa yang lebih luas sambil tetap mempertahankan bahasa dan budaya setempat mereka.
Kami datang sebagai mitra bagi komunitas bahasa, menghubungkan mereka dengan sumber daya yang mendukung serta menolong masing-masing dalam membangun kapasitas untuk mengembangkan program yang cocok.

[SLGF id=177]